Home Siaran Pers Kantor Berita Turki Luncurkan Layanan Berbahasa Indonesia

Kantor Berita Turki Luncurkan Layanan Berbahasa Indonesia

Layanan Informasi

2,121
0
SHARE
Kantor Berita Turki Luncurkan Layanan Berbahasa Indonesia

Keterangan Gambar : Duta Besar Turki untuk Indonesia Sander Gurbus (3 dari kiri) saat launching layanan berbahasa Indonesia dari kantor berita Anadolu, di Jakarta. (foto nufus)

Jakarta, parahyangan-post.com-Kantor berita Turki Anadolu Agency meluncurkan layanan berbahasa Indonesia di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin 23/10.

Dalam sambutannya, Deputi Direktur Jenderal Anadolu, Mustafa Ozkaya mengatakan pihaknya siap menyebarkan berita mengejutkan dari seluruh dunia ke Indonesia.

“Anadolu Agency hadir mendokumentasikan beragam insiden, foto dan berita yang  memiliki kekuatan untuk menyatukan emosi kita melawan rasa sakit dan penderitaan dunia, juga memotivasi agar kita berbuat sesuatu,” kata dia.

Dikatakan Mustafa, Indonesia merupakan negara prioritas Anadolu Agency. Dengan populasi lebih dari 260 juta, Indonesia memiliki posisi penting di kawasan Asia Pasifik.

“Turki dan Indonesia memiliki sejarah kedekatan di masa silam. Peresmian Anadolu Agency layanan berita Bahasa Indonesia merupakan upaya merekatkan kembali, sekaligus memperkuat hubungan bilateral kedua negara, dengan menyiarkan kisah menarik seputar kehidupan Indonesia ke seluruh dunia dalam 13 bahasa,” tambahnya. 

Semakin Dekat

Sementara itu, Duta Besar Turki untuk Indonesia Sander Gurbuz, dalam sambutannya mengatakan, Indonesia dan Turki semakin dekat. Persahabatan dua Negara semakin hangat.

“Pada saat pertemuan D8 di Turki pekan lalu, Presiden Turki Erdogan dan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla berbincang khusus soal kerja sama strategis kedua Negara,”

Kedua pemimpin itu, lanjut Sander,  sepakat tahun 2023 mendatang kerja sama ekonomi kedua negara semakin maksimal. Salah satu kerja sama ekonomi kedua negara adalah Turkish Airlines sudah memiliki rute penerbangan langsung Turki-Jakarta. Dalam waktu dekat, akan dibuka rute Istanbul-Bali. 

Berpengaruh

Di sisi lain, Kepala Biro Anadolu Indonesia Dandy Koswaraputra mengatakan Anadolu Agency Bahasa Indonesia telah memulai kegiatannya sejak awal Juli lalu. Dengan awak 20 orang jurnalis yang tersebar di Jakarta, Ankara dan Istanbul, Anadolu Indonesia Biro Jakarta memproduksi sekitar 50 berita, 40 foto dan 2 video setiap hari.

“Tim kami tidak banyak, namun solid,” kata dia.

Anadolu Agency layanan berita Bahasa Indonesia dapat diakses di www.aa.com.tr/id. Saat ini berita Anadolu Agency telah digunakan oleh 1694 subscribers dari 45 negara.

Anadolu Agency, lanjut Dandy, juga memilliki jaringan kantor di lebih dari 40 kota di dunia, dengan representatif jurnalis di 97 negara dan pegawai dari 74 kewarganegaraan.

Sebagai kantor berita, Anadolu Agency merupakan satu di antara sepuluh agensi paling berpengaruh di dunia. Berpengalaman lebih dari 97 tahun, kami menyediakan ribuan artikel berita, foto, video, infografis dan statistik ke seluruh dunia.*** (aboe/rat/nuf/pp)