Home Seni Budaya Angkat Tema The Future of Craft Prodi Kriya Seni FSRD IKJ Gelar Pameran Kriya Kini ke 4

Angkat Tema The Future of Craft Prodi Kriya Seni FSRD IKJ Gelar Pameran Kriya Kini ke 4

#Kriya

672
0
SHARE
Angkat Tema The Future of Craft Prodi Kriya Seni FSRD IKJ Gelar Pameran Kriya Kini ke 4

Keterangan Gambar : Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Dr.Indah Tjahjawulan, M.Sn Membuka Pamera Kriya Kini #4, di Galeri Cipta 1, TIM, Jakarta Pusat, Jumat (17/03) (sumber foto : ratman/pp)

JAKARTAwww.parahyangan-post.com - Sebagai implementasi kegiatan program kerja Program Studi (Prodi) Kriya Seni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) kembali menggelar pameran karya-karya kirya yang bertajuk "Pameran Kriya Kini #4”. Pameran Kriya ini merupakan kolaborasi antara Prodi Kriya Seni FSRD IKJ dengan Forum Kriya Kontemporer Indonesia (FKKI) yang keempat kalinya menggagas Pameran Kriya Kini #4 “The Future of Craft" berlangsung dari tanggal 17 – 21 Maret 2023 di Galeri Cipta 1, Gedung Trisno Soemardjo, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Pameran Kriya Kini #4 dibuka langsung oleh Rektor IKJ, Dr.Indah Tjahjawulan, M.Sn, Jumat (17/03/2023). Pameran kali ini menjadi pertanda istimewa karena akhirnya pameran ini dapat terselenggara setelah vakum dua tahun selama pandemi.

Konsep The Future of Craft dipilih untuk dapat melihat karya-karya baru melalui karya kriya yang dihasilkan pada pameran ini dengan inovasi yang sangat beragam. Eskplorasi teknik, penggabungan material dan juga penggunaan teknologi dalam pembuatan karya kriya merupakan beberapa alternatif dalam pembaharuan kriya dimasa yang akan datang. Karya seni kirya memberikan kemungkinan yang banyak untuk melakukan eksplorasi gagasan kreatif.

Berdasarkan hasil penelitian Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) dan BEKRAF tahun 2016, nilai ekspor yang disumbangkan oleh sub sektor kerajinan (kriya) adalah nomor dua tertinggi, hal tersebut menunjukan pentingnya industri kerajinan sebagai kontributor utama pertumbuhan ekonomi dan posisi global Indonesia dalam industri kreatif, hal tersebut menjadi suatu alasan dalam konsep pameran kali ini, yaitu untuk melihat fenomena kriya di masa depan sesuai dengan perkembangan zaman.

Pameran Kriya Kini merupakan pameran bersama mahasiswa, pengajar, alumni dan praktisi yang merupakan agenda rutin, dan pada tahun ini semakin meluas dengan jumlah peserta sebanyak 38 orang dari berbagai perguruan tinggi baik itu di Pulau Jawa sampai Sumatera dan komunitas kriya.

Tujuan dari pameran ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam mengelola pameran seni, pendampingan pengajar dalam bentuk nyata serta membangun kedekatan dengan alumni, komunitas dan institusi sesuai dengan tema kampus merdeka. Selain itu dengan pameran kita dapat mengenal budaya dari beragam seniman yang terlibat.

Para alumni Kriya FSRD IKJ juga memiliki peran penting dalam terselenggaranya pameran ini, Kolaborasi dengan para alumni menjadi jembatan pertukaran ilmu, pengetahuan dan pengalaman diantara mahasiswa, alumni, pengajar dan praktisi.


Harapanya pameran Kriya Kini #4 ‘The Future of Craft’ dapat memberikan konstribusi baik dari segi kreativitas maupun keilmuan melalui karya-karya yang dipamerkan dan memperkenalkan Seni Kriya kepada masyarakat khususnya di Jakarta. 

Berikut Nama Nama Perupa yang menjadi peserta Pameran Kriya Kini #4
Alexandre Noelle  Geoffery Tjakra and Family
Antine Sambodo Marten Agung Laksono
Arianne Kresandiri Menik Retnadi
Aulia Murid Sasongko Michelle Robins
Creando Memorias Moh. Taufan
DamDam Ceramic Muhammad Habibiunazar
Danny Yuwanda Musa Rashuda
Desita Noviyana Nabella Ayu Wulan
Dwi Budi rasetyo Nazhwa Princessa Alifia Putri
Eky Ario Damar Pimpi Syarley Naomi
Elisabeth Pandusita Rahmania Kusuma
Erha Riyan Rohmad Hidayat Ria Wulansari
Eugenia Natania Andina Ricki Dwi Fitrianto
Evy Yonathan Shean Japanof
Farhan Tamir Suci Fahratul Jannah
Fauzy Kamal Tisa Granicia
Ferrarizkia Svetlana R Tri Wahyuni Hidayati
FX Lintang Khrisna A Yosi Hidayah
  Zamilia

 

(ratman/rd/pp)