Home Nusantara PN Jaktim Tanam Berbagai Jenis Obat-obatan

PN Jaktim Tanam Berbagai Jenis Obat-obatan

286
0
SHARE
PN Jaktim Tanam Berbagai Jenis Obat-obatan

JAKARTA - Parahyangan Post - Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) kini tengah melakukan penanaman berbagai jenis tanaman obat-obatan. Kegiatan penanaman obat-obatan ini digerakkan oleh ibu-ibu Dharmayukti Karini. 

Menurut Eni Tito Suhud sejumlah bibit tanaman obat atau apotek hidup sengaja tumbuh kembangkan di halaman pengadilan dengan mengunakan media tanah. 

Adapun jenis bibit tanaman seperti temu lawak, ginseng, daun sirih, kunyit, kencur, binahong, kembang telang, daun saga, serta kumis kucing dan lain sebagainya tumbuh di PN Jaktim. Selain itu, manfaat tanaman herbal tersebut juga dapat dirasakan terutama bagi kesehatan. 

" Tanaman obat keluarga, ini percontohan. Ini salah satu kegiatan dari pendidikan, seksi pendidikan yang berhubungan dengan tanaman obat keluarga," ujar Ketua Dharmayukti Karini Cabang PN Jaktim, Rabu (13/7/2022). 

Ia juga menambahkan berbagai macam manfaat tanaman untuk kesehatan bisa juga ditanam di pekarangan rumah masing-masing. Saat ini, pihaknya bersama ibu-ibu Dharmayukti Karini lainnya tengah menanam sayur mayur. Berbagai macam jenis bibit sayur ditanam dengan mengunakan sistem hidroponik. 

" Macam apotik hidup dan tanaman hidroponik nanti ditanamkan disini uji coba dulu," kata Eni. 

Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan media tanah.

(Didi/PP)