Home Husada VISITASI PMR SMA MBS ZAM ZAM

VISITASI PMR SMA MBS ZAM ZAM

Menyeleksi Peserta Baru

510
0
SHARE
VISITASI PMR SMA MBS ZAM ZAM

VISITASI PMR SMA MBS ZAM ZAM 

Menyeleksi Peserta Baru

Banyumas, parahyangan-post.com- Palang Merah Remaja (PMR) yang merupakan kader PMI di Kabupaten Banyumas tengah melakukan visitasi ke unit-unit PMR di SMA/ SMA/ MA se Kabupaten Banyumas. Jadwal visitasi ke unit PMR SMA MBS Zam-Zam – Pondok Pesantren (Pontren) Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok, Banyumas, Jateng terlaksana pada Kamis (21/07/2022), dengan petugas/ visitor tiga orang, masing-masing  Wildan Birul A, Laelatul Khoeriyyah, dan Martin Fajar T.A. Dikatakan Martin, kegiatan visitasi ini dimaksudkan untuk mengetahui data secara akurat tentang keberadaan dan perkembangan PMR di Banyumas. 

“Melalui visitasi kita menjadi tahu, mana unit PMR yang aktif, mana yang semi aktif dan mana yang kurang aktif, bahkan yang tidak. Nah, nantinya setelah data terkumpul, itu dapat dijadikan bahan evaluasi kita. Ke depannya perkembangan PMR yang ada di Banyumas langkahnya mau bagaimana. Itu acuannya dari data yang diperoleh dari visitasi ini,” terang Martin.

Menurutnya, kegiatan visitasi ke unit PMR SMA ini dilakukan atas pendaftaran atau pengajuan dari pihak sekolah yang bersangkutan. Kemudian dari PMR Kabupaten mengutuskan visitor untuk mengunjunya. Diakui, di tahun 2022 ini keberadaan unit PMR semakin merata, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana  hanya sekolah tertentu saja yang mengajukan untuk divisitasi. Sedangkan sekarang hampir merata sekolah di Kabupaten Banyumas sehingga semakin tampak perkembangannya.

Dalam praktiknya, Tim mendatangi unit PMR di sekolah kemudian pengecekan data dan penyesuaian instrumen data melalui wawancara baik dengan Kepala Sekolah, perwakilan guru, pembina, pengurus dan anggota serta perwakilan siswa/ santri. Adapun kegiatan rutin PMR Wira meliputi pembelajaran dan praktik 7 materi wajib. Seperti Gerakan Kepalangmerahan, Kepemimpinan (Mula, Madya, Wira), Pertolongan Pertama Mula, Pertolongan Pertama Madya, Pertolongan Pertama Wira, Donor Darah, Remaja Sehat Peduli Sesama, dan Kesehatan Remaja.

“Dari tahun ke tahun alhamdulillah ada peningkatan dalam kegiatan di unit-unit PMR yang telah kita kunjungi,” terang Martin.

Setelah ada kunjungan, langkah berikutnya akan diadakan pendampingan agar para PMR Wira sebagai kader PMI muda menjadi tambah semangat di lingkungan sekolah, bahkan ketika diadakan kegiatan di luar, seperti acara Jembara dan lainnya.

Kepala SMA MBS Zam-Zam, Ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H merasa optmis dengan adanya visitasi dari Tim Visitor PMI Banyumas, sehingga PMR sebagai salah satu program ekstrakurikuler semakin diminati para santri/ siswa. “Mengingat pengalaman tahun lalu, banyak santri lulusan SMA MBS Zam Zam yang diterima di perguruan tinggi dengan jurusan kebidanan, kesehatan masyarakat, bahkan kedokteran. Tentu kegiatan semacam ini akan sangat mendukung. Diharapkan dari bagian Bina Prestasi untuk mengawal kegiatan PMR selain kepada organisasi santri lainnya yang ada di pontren Zam Zam,” harapnya.*** (pp/aboe/h)