Home Disaster Transjakarta Sediakan Ratusan Bus

Transjakarta Sediakan Ratusan Bus

Untuk Dukung Serbuan Vaksinasi oleh Masyarakat

158
0
SHARE
Transjakarta Sediakan Ratusan Bus

Keterangan Gambar : Deretan Bus Transjakarta mendukung serbuan vaksinasi oleh masyarakat. (foto tj)

Transjakarta Sediakan Ratusan Bus

Untuk Dukung Serbuan Vaksinasi oleh Masyarakat

Jakarta, parahyangan-post.com, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan ratusan bus untuk masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi masal dalam program ‘Serbuan Vaksinasi’.

Program ini diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari mulai 3-4 Juli 2021 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan. Adapun untuk hari pertama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dan meninjau langsung  proses vaksinasi.

Sardjono Jhony Tjitrokusumo selaku Direktur Utama PT Transjakarta menyampaikan, ‘Serbuan Vaksinasi’ ini digelar sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19. “Untuk mendukung kegiatan tersebut, pada hari pertama Transjakarta menyiapkan sebanyak 170 unit bus. Sementara untuk hari kedua akan menyesuaikan dengan jumlah peserta,” ujar Jhony di Jakarta, Sabtu (3/7).

Jhony menambahkan, bus-bus tersebut merupakan milik Transjakarta dari berbagai jenis yakni Low Entry, Maxi, bus Vintage hingga bus Minitrans yang siap mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam hal transportasi baik menuju lokasi vaksin maupun kembali pulang. Bus-bus ini yang menjemput semua peserta vaksin di 42 titik kecamatan di seluruh Jakarta tanpa dikenakan tarif atau gratis.

“Bus hanya melakukan satu kali penjemputan. Selanjutnya, armada kami beserta tim yang bertugas akan menunggu peserta selesai divaksin dan kembali mengantar ke lokasi awal,” katanya.

Jhony memastikan semua bus yang melayani masyarakat telah memenuhi standar protokol kesehatan mulai dari dibersikahkan menggunakan cairan disinfektan, terpasang tanda jarak aman hingga ketersediaan hand sanitizer. “Kami berharap, Transjakarta bisa menjadi bagian dalam proses vaksinasi ini menuju Indonesia yang sehat dan bisa kembali bangkit dari berbagai aspek. Oleh karena itu, Transjakarta mengajak dan menghimbau masyarakat yang belum mendapatkan vaksin untuk memanfaatkan kesempatan ini,” tutupnya.

Sebagai informasi, kegiatan program ‘Serbuan Vaksinasi’ ini sebelumnya telah sukses diselenggarakan pada 26 Juni lalu dan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswdedan. Pada saat itu, Transjakarta juga turut menyediakan sebanyak 187 armada bus untuk memfasilitasi masyarakat untuk mempermudah masyarakat mengikuti kegiatan ini.

Di luar itu, Transjakarta tetap menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk selalu menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.*** (aboe/iwn/rls)