Home Agama Sekedar Test Melalui Uang.

Sekedar Test Melalui Uang.

88
0
SHARE
Sekedar Test Melalui Uang.

Oleh : Imansyah Hakim Al Rasyid
(Wartawan, Penulis dan Pengurus PJMI) 


Sesungguhnya Islam telah banyak mengajarkan kepada kita, akan sifat dan karakter manusia sekarang. Sudah banyak dari kita merasakan akibat dari godaan duniawi, khususnya persoalan dengan uang ini. Padahal Islam mengajarkan banyak hal kepada manusia, antara lain larangan dan perintah yang harus di jalani sebagai hamba Allah. Semua ada dalam tulisan baik di Al Quran maupun di Sunnah Nabi.

Melalui uang akan terkuak jati diri yang sebenarnya  dari kepribadian si manusianya. Mau tau akhlak seseorang walau ia sudah lama ia ikut mengaji ??

Coba ah berurusan soal uang dengannya, maka akan terlihat watak dan akhlaknya, dia akan melupakan persaudaraan denganmu, jika ia merasa rugi.

Menghilangkan segala kebaikan kebaikanmu, melupakan bahwa ia sering ditolong olehmu, soal uang ia bisa membutakan mata hatinya untukmu, memperlihatkan akhlak yang sebenarnya gara gara soal uang. 

Soal Uang bisa merubah ikatan persaudaraanmu  dengannya, kontan. Terbukti !!!, Soal uang adalah penguji Test Terbaik Ahlak Seseorang.

Kalau mau tau kejujurannya ??, coba percayakan dia mengelola keuangan dan lihatlah hasilnya kelak. Mau lihat ia tepati  janjinya ??, coba pinjami dia uang.

Mau tau sifat dan keegoisannya ??, coba ambil alih tanggung jawabnya dalam kelola keuangan.

Mau tau kasih sayangnya ??, coba minta bantuan uang padanya.

Mau tahu harga dirinya ??, coba sering ajak makan bersama, lihatlah inisiatifnya untuk membayar.

Mau tahu amanah atau dzalim nya ??, coba bekerja padanya dan lihat bagaimana caranya memberikan upah.

Percayalah orang yang terlihat baik akan ketahuan kepalsuannya saat berurusan soal uang. Kecuali orang yg aqidahnya sudah kuat dan benar. Yaitu orang yang hatinya di tambatkan dengan ALLAH dan selalu takut tidak bisa berlaku adil dalam berbuat,  serta khawatir terjadi perbuatan dosa ketika bermuammalah dengan manusia lainnya.

Orang ini selalu  terikat  dengan hukum dan syariat tanpa diperlihatkan, hidup mencari Ridho Illahi bukan sekedar materi, ataupun pujian manusia belaka. Rela rugi di dunia, tetapi mendapat keuntungan di akhirat. Kehidupannya hanya bersandar kepada ketentuan Allah belaka..

Yaa  Allah jauhkan kami dari fitnah soal uang, dan hindari kami dari berurusan dengannya.

Aamiiin yaa mujibas sailiiin.

Cileungsi, 3 September 2021