Home Disaster Puskesmas Cakung Gelar Vaksinasi Diberbagai Tempat

Puskesmas Cakung Gelar Vaksinasi Diberbagai Tempat

223
0
SHARE
Puskesmas Cakung Gelar Vaksinasi Diberbagai Tempat

JAKARTA [www.parahyangan-post.com] - Puskesmas Cakung Jakarta Timur kembali menggelar vaksinasi masal disejumlah tempat. dr Santi Rosamarlia menjelaskan vaksinasi bertujuan untuk mencegah penularan virus COVID-19.

Tidak hanya itu, dikatakan petugas Puskesmas Cakung kandungan dari vaksin Aztrazeneca dapat merangsang sistem imun tubuh. Sehingga, mampu melawan penyakit virus corona secara individu. 

" Dan juga menimbulkan herd imunity untuk pemberian vaksinasi pada kelompok, sehingga menimbulkan kekebalan kelompok," Kasatpel Bidang Upaya Kesehatan Masyarakat Puskesmas Cakung, Rabu (2/6/2021). 

Kemudian, Santi menambahkan sekitar ribuan lebih penduduk yang tinggal di Kecamatan Cakung Jakarta Timur mendaftar diri mengikuti vaksinasi. Mulai dari Kelurahan Rawa Terate, Penggilingan dan Jatinegara proses vaksinasi tengah berlangsung. 

Adapun, dosis pertama yang diberikan kepada warga berupa vaksin Aztrazeneca. Menurutnya, vaksinasi telah dilalui sejak pertengahan bulan Januari 2021 lalu. Namun demikian, vaksinasi tahap kedua ditujukan terhadap lansia. 

" Cakung sudah melakukan vaksinasi dari pertengahan Januari 2021. Untuk tahap pertama untuk tenaga kesehatan, untuk tahap kedua lansia dan pelayan publik sekarang," ungkapnya. 

Santi juga merinci vaksinasi tengah berlangsung dilaksanakan diberbagai tempat di wilayah Cakung. Diantaranya vaksinasi digelar saat ini ditempatkan di Pulogadung Trade Center (PTC) dengan jumlah 359 warga yang divaksin. Serta, sebanyak 530 warga juga mengikuti vaksinasi di kantor PT United Tractors, Untuk di Kelurahan Cakung Timur sendiri sekitar 222 warga telah divaksin. 

Selebihnya, 132 warga mengikuti vaksinasi di Penggilingan dan di Kelurahan Jatinegara tercatat 112 warga sudah menjalani vaksinasi. Efek keluhan ringan dan non-serius setelah divaksin sempat disampaikan oleh petugas. Vaksinasi ini melibatkan berbagai pihak termasuk tim Pokja Vaksin di Kecamatan Cakung. 

" Mulai 5 Mei vaksin dosis 1 (satu) kita pakai Astrazeneca, efek vaksin yang dirasakan nyeri ditempat suntik badan meriang dan panas atau nyeri persendian. Ini diatasi dengan pemberian obat parasetamol," tutur dia lagi. 

Tempat-tempat kumuh di Cakung menjadi prioritas timnya untuk digalakkan vaksinasi. Hal ini, disampaikan Kasatpel Puskesmas Cakung berdasarkan Pergub 90 Tahun 2018. Khususnya di Kecamatan Cakung sendiri tercatat pemukiman kumuh yang berada di 13 RW. 

Kegiatan vaksinasi di Cakung mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk perusahaan-perusahaan yang berada di Jakarta Timur seperti PT Wings dan PT JIEP.

(didi/pp)