Home Seni Budaya Mitigasi Bencana

Mitigasi Bencana

Kartun oleh Munadi

283
0
SHARE
Mitigasi Bencana

Mitigasi Bencana ( ? )

Kartun oleh Munadi

Tanah air Indonesia yang subur-makmur, namun rentan terhadap berbagai bahaya alam seperti stunami, letusan gunung Merapi, banjir, tanah longsor, dan gempa. Bencana berupa terjadinya gempa, tanah longsor,banjir, merupakan ujian ( cobaan ) dari Tuhan Yang Maha Pencipta. Namun bagaimana sebaiknya kita juga bisa menjaga dan merawat kelestarian alam lingkungan tempat tinggal kita?

Bencana gempa yang terjadi di daerah Cianjur, 21 November 2022  menelan banyak korban, tidak hanya rumah yang rusak/roboh bahkan menelan ratusan nyawa manusia. Kita sangat prihatin dan berduka, hal ini menjadi perhatian kita. Bergotong-royong saling membantu, dan  sistem 'mitigasi bencana' perlu diupayakan maksimal ditengah masyarakat kita.

Menurut UU No.24 / tahun 2007, mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana.

Sudahkan ( mental ) masyarakat kita menyadari tanggap-darurat bencana? Perlu ditumbuh-kembangkan kesadaran mitigasi bencana di semua kalangan masyarakat. Dalam mitigasi bencana, tentu segala upaya dilakukan dan pencegahan sebelum suatu bencana terjadi sampai dengan penanganan usai suatu bencana terjadi. Membangun rumah tahan gempa,mengenali lokasi bangunan tempat kita, mengikuti kegiatan simulasi mitigasi bencana menjadi sangat penting dan ( wajib) dilakukan.

Perlu diupayakan penguatan mitigasi bencana harus menjadi bagian dari kurikulum nasional di sekolah-sekolah..***