Home Profil Ketua Kowani, Giwo Rubianto Raih Penghargaan Perempuan Inspiratif 2021 dari IPEMI

Ketua Kowani, Giwo Rubianto Raih Penghargaan Perempuan Inspiratif 2021 dari IPEMI

783
0
SHARE
Ketua Kowani,  Giwo Rubianto Raih Penghargaan Perempuan Inspiratif 2021 dari IPEMI

JAKARTA (www.parahyangan-post.com) – Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) DR Ir Giwo Rubianto Wiyogo menjadi salah satu dari 67 perempuan yang menerima anugerah Perempuan Inspiratif 2021 yang diinisiasi oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI). Penghargaan tersebut  langsung diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam gelaran anugerah Perempuan Inspiratif 2021 di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

“Apresiasi dan penghargaan saya atas inisiatif IPEMI yang sudah menyelenggarakan acara kegiatan  ini. Suatu upaya yang dilakukan IPEMI untuk mendorong para wanita untuk lebih berperan dan mempunyai karya,” kata Giwo.

Anugerah ini sekaligus agar dapat bisa mendorong  untuk para perempuan khususnya agar lebih giat berkarya dan lebih maju menjadi pemimpin baik di lingkungan masyarakat maupun dalam kegiatan pembangunan nasional. Perempuan dengan  karyanya yang berhasil meraih penghargaan bisa menjadi role model bagi perempuan lain.

Giwo mengatakan bahwa peran perempuan tidaklah sebatas menjadi pendamping suami dan mengerjakan tugas domestic rumah tangga. Perempuan juga  harus mampu berkarya untuk lingkungan dan bangsanya.

Meski memiliki peran penting di ruang publik Giwo mengingatkan bahwa peran  perempuan sebagai istri juga sebagai ibu tidak boleh terabaikan. Sebab perempuan adalah pendidik pertama didalam keluarga. “Karena itu suami harus bermitra dengan istri, harus saling dorong dan gotong royong dalam menjalankan perannya,” tegas Giwo.

Giwo menyebut ajang penghargaan seperti Perempuan Insiratif dari IPEMI ini perlu dilanjutkan  sebagai bagian dari apresiasi terhadap peran  perempuan Indonesia

Sosok Giwo Rubianto

Menguti Buku Perempuan Inspiratif 2021 versi IPEMI, Giwo yang memiliki nama asli Sri Woerjaningsih, adalah sosok perempuan yang mengambil peran banyak dalam membangkitkan spirit perjuangan perempuan dimasa kini. Melalui organisasi Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang dipimpinnya, Giwo berhasil membawa spirit Ibu Bangsa pada dada setiap perempuan Indonesia.

Giwo memang bukan orang baru dalam  kancah sejarah perjuangan perempuan Indonesia. Kiprahnya diberbagai organisasi membawa harum sebagai perempuan  yang  telah memiliki jabatan Presdir dan komisaris pada 6 perusahaan tersebut dengan cara memiliki pendekatan yang berbeda saat memimpin Kowani. Giwo amat cerdas dan pandai  membaca hal-hal strategis yang bisa dimasuki oleh para kaum perempuan terkait dan peran di ruang publik. Ia juga paham bagaimana memilih pintu dan jalan yang tepat dan bisa  ditempuh para perempuan dalam cara berkarya dan berdaya, agar tidak ada yang dikorbankan, dan yang paling penting  tidak membahayakan diri perempuan.

Inilah yang akhirnya bisa  membawa Kowani makin memiliki  ruang panggung di tengah kancah pembangunan nasional.

Di balik kesibukannya sebagai Ketua Umum Kowani, Giwo adalah seorang pengusaha sukses. Tercatat ada 6 perusahaan yang dikelolanya, satu diantaranya adalah PT Bumi Satu Group, sebuah perusahaan property.

Sebelum terjun menjadi pengusaha, Giwo adalah seorang ibu rumah tangga yang memulai usaha industri kecil dengan membuka butik di rumah tinggal orang tuanya. kemudian dilanjutkan dengan membuka toko kecil di Mangga Dua, Pasar Pagi, Jakarta. Latar belakang pendidikannya adalah seorang arsitektur lalu  menjadi seorang perencana, kontraktor landscape di perumahan maupun perkantoran. Akhirnya sejak tahun 1989 hingga sekarang ia tercatat sebagai Presiden Direktur dan Komisaris PT. Bumi Satu Group (Property Development)

(yuni/rolla/pp)