Home Seni Budaya Kampanye 16 Hari Melawan Kekerasan terhadap Perempuan 2022

Kampanye 16 Hari Melawan Kekerasan terhadap Perempuan 2022

245
0
SHARE
Kampanye 16 Hari Melawan Kekerasan terhadap Perempuan 2022

Sejak tahun 2017, Kedutaan Besar Prancis di Indonesia telah bekerja sama dengan UN Women untuk memimpin kampanye 16 Hari Melawan Kekerasan terhadap Perempuan. Di tahun 2022 ini, sekali lagi, dari tanggal 25 November (Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan) hingga tanggal 10 Desember (Hari Internasional Hak Asasi Manusia), berbagai kegiatan diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan menginformasikan kepada masyarakat umum tentang pentingnya menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan mempromosikan kesetaraan gender. 

Komitmen yang diperlukan ini sejalan dengan studi WHO tahun 2021 yang menjelaskan bahwa satu dari tiga perempuan mengalami kekerasan dalam hidupnya. Dampak buruk dari COVID-19 khususnya dirasakan oleh anak perempuan dan perempuan, juga telah menghambat beberapa kemajuan menuju kesetaraan gender. Kampanye yang dilambangkan dengan warna oranye ini merupakan kesempatan untuk belajar, merenung, dan bertindak untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan, sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pada tahun 2022, Kedutaan Besar Prancis di Indonesia berkerja sama dengan UN Women, UNFPA, UNDP, WHO, Jakarta Feminist, serta berbagai asosiasi dan pakar, menawarkan berbagai kegiatan sebagai bagian dari Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan.

Lokakarya menulis puisi #KitaUntukPerempuan
25 November 2022

Tahun ini, sekali lagi, Kedutaan Besar Prancis di Indonesia memberikan kesempatan kepada semua orang untuk menyuarakan pendapatnya, dan mengambil tindakan melawan kekerasan terhadap perempuan.

Oleh karena itu, lokakarya menulis puisi akan diselenggarakan pada tanggal 25 November 2022, bekerja sama dengan Kompas Institute dan 5 (lima) karya terbaik akan dipajang di dinding Institut Français Indonesia.

Lokakarya ini terbuka dan gratis hanya untuk 30 peserta yang terpilih. Untuk berpartisipasi pada kegiatan ini, kamu dapat mengirimkan puisi terbaikmu melalui ini: https://bit.ly/puisikitauntukperempuan. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 28 Oktober sampai tanggal 18 November 2022.

Webinar ‘UNiTE & TAKE ACTION!’

Webinar gratis yang terbuka untuk semua merupakan bagian dari kampanye, setelah penerapan UU No 12 tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) di Indonesia pada 12 April 2022. Intervensi dan diskusi akan membawa visibilitas terhadap isu-isu aktual dan hidup di masyarakat Indonesia, pada pelaksanaan undang-undang ini.

Webinar yang dibawakan dalam Bahasa Indonesia dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris ini akan menampilkan berbagai pribadi yang berkomitmen terhadap kesetaraan gender dan perjuangan melawan kekerasan terhadap perempuan. Detail acara akan diinfomasikan kemudian.

Penutupan kampanye, konser dan stand-up comedy
10 Desember 2022

Pada 10 Desember, acara penutupan kampanye akan diadakan di Jakarta. Seni, musik, dan humor dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengekspresikan diri, merangsang pemikiran, dan memicu diskusi di masyarakat, terutama tentang kesetaraan gender.

Acara seni unggulan ini terbuka untuk masyarakat umum, dengar reservasi terlebih dahulu. Detai acara (lokasi, artis) akan segera diinformasikan.

(rls/pp)