Home Agama [Kajian Islam]: Bila Bumi Bergetar Guntur Menggelegar

[Kajian Islam]: Bila Bumi Bergetar Guntur Menggelegar

#KajianIslam

87
0
SHARE
[Kajian Islam]: Bila Bumi Bergetar  Guntur Menggelegar

Oleh : Imansyah Hakim Al Rasyid
(Wartawan, Penulis dan Pengurus PJMI)


Sinar Keimanan Pada Sang Pencipta, Kajian spesial bang Debby Nasution, (Semoga Àllah mengampuni segala dosa dan memasukkannya ke Surga). 

Bila angin berdesir, pasti dia sedang bertasbih kepada ALLAH. 
Bila guntur menggelegar pasti dia sedang bertasbih kepada ALLAH. 
Bila ombak berdebur, pasti dia sedang bertasbih kepada ALLAH. 
Bila pepohonan mendesau pasti dia sedang bertasbih kepada ALLAH. 
Bila gunung berguncang pasti dia sedang bertasbih kepada ALLAH. 
Bila burung berkicau pasti dia sedang bertasbih kepada ALLAH.

ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA berfirman :

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada ALLAH dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.” (QS. Al Israa’ : 44 ).

“Dan kamu (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat berlingkar di sekeliling ‘Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba ALLAH dengan adil dan diucapkan: “Segala puji bagi ALLAH Tuhan semesta alam”. ( QS. Az Zumar : 75 ).

“Tidaklah kamu tahu bahwasanya ALLAH : kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sholat dan tasbihnya dan ALLAH Maha mengetahui apa yang mereka kerjakan.” ( QS. An: Nuur, 41 ).

Lalu mengapa di antara kita ada yang tidak mau bertasbih ? 
Bukankah ALLAH telah menjadikan kita makhluk yang paling mulia diantara semua makhluk ciptaannya ?.

“ Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat).”  ( QS Al Hijr 98 ). 

Bila kah kita bertasbih ?
Bertasbih bisa kapan saja. 
Tetapi saat-saat bertasbih yang paling afdhol, tentu saja sebagaimana yang diatur oleh oleh Sang Penguasa, ALLAH Azza wa Jalla. 

Di dalam Al Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menentukan kapan sebaiknya bertasbih. 
Waktunya antara lain pada pagi hari, petang hari, siang hari, malam hari (terutama pada malam yang panjang; yaitu setelah Isya sampai Subuh), sebelum matahari terbenam, sebelum terbit fajar dan sesudah sholat,

 Sebagaimana Firman ALLAH SWT berikut ini : 
“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah dengan menyebut nama ALLAH,dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.” ( QS. Al-Ahzab : 41-42).

“Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.” ( QS : Thahaa  : 130 )

Semoga kita semua bisa bermanfaat bagi sesama umat Islam dan sesama Manusia bahkan makhluk-makhluk lainnya serta alam semesta. Langit dan Bumi ,  Gunung dan Lembah serta semua CiptaanNYA senantiasa bertasbih kepada ALLAH SWT.

Subhanallah.
Wal Hamdulillah
Wa Laa Ilaha Illa Allah
Wa Allahu Akbar.

Cileungsi,  30 Juni 2021  -   23:55.