Home Nusantara Insan Bumi Mandiri Ceritakan Perjalanan Memberdayakan Pedalaman Indonesia

Insan Bumi Mandiri Ceritakan Perjalanan Memberdayakan Pedalaman Indonesia

Inspirasi Peserta IdeaFest 2022,

181
1
SHARE
Insan Bumi Mandiri Ceritakan Perjalanan Memberdayakan Pedalaman Indonesia

BANDUNG – Parahyangan Post - CEO Insan Bumi Mandiri, Zulfa Faizah tampil sebagai salah satu pembicara dalam rangkaian kegiatan IdeaFest 2022 yang digelar pada 24-27 November 2022 di Jakarta Convention Centre. Dalam kesempatan tersebut, Zulfa berbagi cerita seputar perjalanan Insan Bumi Mandiri dalam membantu masyarakat di pedalaman Indonesia. 

Zulfa menjadi pembicara dalam kegiatan IdeaFest 2022 setelah sebelumnya terpilih sebagai Top 3 Community Leaders dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Pemimpin Indonesia (@pemimpin.indonesia). Zulfa menjadi pembicara di salah satu rangkaian IdeaFest 2022, yaitu Ideatalks, Lead The Idea: Community Forum  pada Sabtu, 26 November 2022. 

Dalam kesempatan tersebut, Zulfa menceritakan tentang perjalanan Insan Bumi Mandiri sebagai lembaga yang berfokus untuk memberdayakan pedalaman Indonesia sejak tahun 2016. Bermula saat tim Insan Bumi Mandiri bertemu dengan seorang guru di pedalaman NTT yang harus menyebrang laut untuk pergi mengajar, Insan Bumi Mandiri kini telah memfasilitasi masyarakat pedalaman NTT beberapa perahu pendidikan untuk siswa dan guru.  

Melalui program-programnya dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan bantuan lainnya, Insan Bumi Mandiri telah melaksanakan lebih dari 1.500 program yang tersebar di 24 provinsi dengan membantu lebih dari 140 ribu penerima manfaat. Beberapa diantaranya adalah Aidil dan Titah, anak pedalaman dengan kelainan facial cleft yang mendapat bantuan biaya operasi dan beasiswa pendidikan. Di bidang infrastruktur, Insan Bumi Mandiri juga telah menyalurkan bantuan pembangunan jembatan untuk anak-anak di pedalaman Ulu Rawas, Sumatera Selatan.

Tak hanya memberikan bantuan materil, Insan Bumi Mandiri juga memiliki program pemberdayaan seperti Tenun.in untuk membantu para penenun di pedalaman agar bisa hidup lebih sejahtera. Juga ada Teknak.in untuk membantu memberdayakan peternak lokal di NTT. Beberapa program Insan Bumi Mandiri juga merupakan hasil kerja sama dengan para mitra seperti Grab Indonesia, PT Paragon, dan PT SMI. 

Menurut Zulfa, hadirnya Insan Bumi Mandiri di IdeaFest 2022 diharapkan bisa membuat orang-orang semakin peduli terhadap permasalahan-permasalahan di pedalaman. “Misi besar Insan Bumi Mandiri untuk membangun pedalaman tidak bisa kami lakukan sendiri. Mimpi ini harus diceritakan pada banyak orang supaya lebih banyak orang tahu bahwa ada perjalanan kebaikan yang bisa mengubah kehidupan. Harapannya, semakin banyak pihak yang maju bersama kami dalam membantu masyarakat di daerah pedalaman,” tuturnya. 

Di akhir sesi, Zulfa menutup ceritanya dengan ungkapan "Tak ada langkah yang terlalu kecil untuk menciptakan dampak besar" dan meyakinkan para peserta yang hadir bahwa perubahan besar untuk pedalaman Indonesia bisa dimulai dengan satu kebaikan pertama.

(rd/pp)