Home Edukasi Forest Interactive Ajarkan 3 Langkah Efektif Mendapatkan Mentor

Forest Interactive Ajarkan 3 Langkah Efektif Mendapatkan Mentor

102
0
SHARE
Forest Interactive Ajarkan 3 Langkah Efektif Mendapatkan Mentor

JAKARTA [www.parahyangan-post.com] – Forest Interactive turut serta mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan menyediakan kesempatan magang bagi mahasiswa yang tertarik untuk mencari pengalaman kerja di bidang teknologi, telekomunikasi, dan industri kreatif. Kesempatan magang ini juga disampaikan saat webinar karir yang diselenggarakan oleh Universitas Binus (7/6) lalu. 

Vita Paulina, Operation and Marketing Manager Forest Interactive Indonesia hadir sebagai pembicara webinar persiapan karir yang diselenggarakan oleh Binus University.  

Vita mendorong mahasiswa tingkat akhir untuk menemukan mentor yang dapat membimbing mereka dalam mempersiapkan karir di webinar bertajuk How to Find the Perfect Mentor. Webinar dimulai dengan penjelasan singkat tentang apa itu mentoring. Seperti dikutip dari Parsloe (2016), Vita menjelaskan bahwa mentoring bertujuan untuk mendukung dan mendorong orang untuk memaksimalkan potensi, mengembangkan keterampilan, meningkatkan kinerja, dan menjadi orang yang mereka inginkan. 

Dalam mentoring atau pendampingan, yang memimpin proses disebut mentor, dan peserta disebut mentee. Ketika berbicara tentang mentoring, terkadang kita akan menjumpai kata coach dan coaching. Ada perbedaan antara mentor dan coach. “Jenis hubungan antara mentor dan mentee adalah hubungan jangka panjang, bisa informal, dan hubungan didasarkan pada kepercayaan. Seorang mentor akan membagikan pengalamannya karena umumnya seorang mentor memiliki pengalaman bertahun-tahun, dan mereka fokus pada karir dan pengembangan pribadi. Sedangkan coaching umumnya merupakan diskusi singkat. Hubungan tersebut cenderung bersifat jangka pendek dan terfokus pada kebutuhan perkembangan di bidang tertentu. Seorang coach atau pelatih tidak membutuhkan pengalaman dalam topik yang mereka ajar, dan mereka fokus pada tujuan saat ini,” papar Vita.  

Ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum mendekati seseorang untuk menjadi mentor. Beberapa pertanyaan penting yang harus ditanyakan pada diri mentee, misalnya apa tujuan pengembangan pribadi atau karir Anda? Seberapa senior atau berpengalaman mentor potensial Anda? Apakah ini seseorang yang telah mengatasi tantangan yang kemungkinan besar akan Anda hadapi? Anda juga perlu mempertimbangkan, apakah mentor Anda memiliki jaringan yang baik? Atau, paling tidak, bersedia menghubungkan Anda ke jaringan mereka yang sudah ada?  

Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting untuk menentukan apakah seseorang yang dipilih adalah mentor yang tepat. Anda harus menemukan mentor yang sesuai dengan harapan karir Anda.  

Terakhir, Vita menjelaskan inti dari sharing session tersebut, yaitu membahas tentang tiga cara efektif mendapatkan mentor.  

Pertama, Anda perlu berbicara dengan calon mentor Anda secara langsung dan menyampaikan tujuan dengan jelas. Anda harus memberi tahu calon mentor tentang alasan mengapa menurut Anda mereka adalah orang yang tepat untuk menjadi mentor. Ketika Anda melakukannya, jelaskan apa yang Anda harapkan dari mentoring.  

Kedua, Anda harus menawarkan keunggulan yang Anda miliki, dan tunjukkan rasa hormat kepada calon mentor. Ingatlah bahwa mentoring adalah interaksi dua arah, oleh karena itu tunjukkan kepada calon mentor bahwa Anda layak untuk dia bimbing, dan jelaskan manfaat apa yang akan diperoleh dengan membimbing Anda.    

Terakhir, satu-satunya hal yang dibutuhkan adalah mengambil tindakan. Anda tidak ingin hubungan dengan mentor menjadi dingin. Salah satu cara untuk membuat mentor merasa dihargai adalah dengan melaksanakan saran-saran yang diberikan.  

Sebelum menutup, Vita mencontohkan program pendampingan yang dilakukan Forest Interactive melalui program magang. Kabar baiknya, Forest Interactive di Indonesia saat ini membuka program magang untuk dua posisi, antara lain Graphic Designer dan People Operations. Calon intern dapat mendaftarkan diri melalui link bit.ly/FIDintern atau laman karir di website : https://www.forest-interactive.com/careers/   (*).

(rls/rat/pp)