Home Ekbis Anies: Ciptakan Moda Transportasi Terjangkau dan Ramah Lingkungan

Anies: Ciptakan Moda Transportasi Terjangkau dan Ramah Lingkungan

Dari FGD Tiga Pilar Integrasi Masa depan Transportasi Jakarta

162
0
SHARE
Anies: Ciptakan Moda Transportasi Terjangkau dan Ramah Lingkungan

Keterangan Gambar : Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan: Ciptakan alat transportasi yang terjangkau dan ramah lingkungan (foto aboe)

Anies: Ciptakan Moda Transportasi Terjangkau dan Ramah Lingkungan

Dari FGD Tiga Pilar Integrasi Masa depan Transportasi Jakarta

Jakarta, parahyangan-post.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pengelola transportasi Jakarta harus menciptakan moda transportasi yang terjangkau dan ramah lingkungan. Hal itu disampaikan Anies pada Focus Group Discussin (FGD) bertema Tiga Pilar Integrasi masa depan Transportasi Jakarta, di Jakarta Rabu 28/9.

“Pandemi selama satu setengah tahun telah memberikan pengalaman baru bagaiamana kita mengelola transportasi umum yang bisa terjangkau secara wilayah. Terjangaku secara pembiayaan dan ramah lingkungan,” papar Anies saat memberi sambutan.

Di sisi lain Anies sangat berharap FGD dapat memetakan, mengidentifikasi dan mengantisipasi masalah transportasi di Jakarta. Sehingga menjadi  masukan sangat penting bagi Pemerintah DKI untuk  mengambill keputusan.

FGD digelar oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) bekerja sama dengan PT. Jaklingko Indonesia. Ketua DTKJ Haris Muhammadun mengatakan, FGD terbagi tiga seri.  Seri pertama focus kepada “Integrasi Secara Tarif”, (berlangsung Rabu 28/7). Seri kedua Focus kepada “Integrasi secara fisik atau fasilitas transportasi”, berlangsung  (Kamis 29/7). Sementara seri ketiga akan digelar bulan Agustus-September mendatang yang akan menghadirkan Menteri Perhubungan dan Gubernur DKI Jakarta.

Pembicara dalam seri pertama ini antara lain, Direktorat  Prasarana Badan  Pengelola Transportasi Jabodetabek  (BPTJ) diwakili  Erna Suarti  Kasubdit Integrasi , Dirut PT. LRT Jakarta Wijanarko, Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT. Transportasi Jakarta Achmad Izzul Waro Dirut Jaklingko, dan Ahmad Kamaluddin.

Adil

Dalam paparannya Haris mengatakan pihaknya bersama Dinas Perhubungan Jakarta, PT. Jaklingko  telah melakukan survei/kuisionar  yang diikuti sebanyak 1.523 responden. Mereka adalah pengguna alat transportasi umum di Jabodetabek.

Data-data yang diperoleh dari survei tersebu, lanjut Haris,  menjadi masukan yang sangat berharga bagi para stakeholder bidang transportasi.  Untuk menciptakan moda transportasi yang terjangkau dan ramah lingkungan . Seperti yangh diharapkan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan.

Di sisi lain Aris mengatakan yang paling penting dalam mengelola transportasi, khususnya di Jabodetabek ini adalah, timbulnya rasa keadilan.

“Adil bagi masyarakat pengguna jasa transportasi, adil juga bagi pengelola (pengusaha),” tuturnya.*** (aboe/pp)