Nusantara

Keselamatan Kerja

PLN Area Bandung Raih Penghargaan Keselamatan Nihil dan SMK3

Administrator | Sabtu, 11 Agustus 2018 - 01:51:55 WIB | dibaca: 235 pembaca

Sumarno

Parahyangan-post.com - Jakarta - Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar acara Penganugerahan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 Award tahun 2018 sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah menerapkan K3 di Lingkungan kerja dengan baik pada kamis malam, (9/08/2018) di Jakarta.

Penganugerahan Penghargaan K3 tahun 2018 ini meliputi 5 kategori yaitu Pengghargaan kecelakaan nihil, penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3), penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV, AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja, penghargaan pembina K3 dan penghargaan pemeduli HIV di tempat kerja. Sebanyak 1.465 perusahaan menerima penghargaan SMK3, 123 perusahaan mendapatkan program P2HIV-AIDS dan 15 Gubernur dinobatkan sebagai pembina K3 terbaik.

Manajer Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Bandung Jawa Barat, Sumarno mengatakan dengan adanya penghargaan ini dapat  memotivasi perusahaan PLN untuk terus melakukan upaya pencegahan kecelakaan dan juga program-program mendukung implementasi K3 sehingga hal ini dapat terus ditingkatkan untuk membudayakan K3 yang membutuhkan kepedulian dan konsistensi di berbagai perusahaan.

“Tahun ini kami mendapatkan penghargaan kecelakaan nihil dan terus kami lakukan perbaikan prosedur-prosedur. Intinya K3 adalah membudayakan pola kerja yang terus menerus, dengan adanya penghargaan tahun 2018 ini juga memotivasi kami di Unit Kerja untuk semakin terus melakukan upaya-upaya, yang membuat lingkungan suasana kerja menjadi aman, nyaman, sehat dan tetap produktif," Ujar Sumarno.

Menurutnya, prioritas dalam K3 di PLN area Bandung yakni menggunakan sistem monitoring memanfaatkan IT untuk keselamatan pekerja sebanyak 170 orang, serta mitra sebanyak 200 orang petugas pelayanan teknik yang beresiko terhadap potensi kecelakaan. Sehingga para petugas lapangan kerja harus dalam keadaan nyaman, aman, sehat dan selamat dalam mewujudkan kecelakaan nihil/zero accident. Dengan begitu dapat meningkatkan budaya kerja K3 dan akan terus dilakukan setiap tahun karena PLN sendiri mempunyai risiko potensi tinggi dalam bahaya kecelakaan.

"Dengan adanya penghargaan ini kami akan terus meningkatkan PLN di area Bandung baik melalui upaya-upaya internal seperti mensosialisasikan K3, melakukan pembenahan sarana, melakukan sertifikasi kompetensi K3 dan sistem monitoring pekerjaan banyak memanfaatkan IT juga dapat mempermudah program-program dan juga disisi K3 ini" kata Sumarno.***(Fri)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)