Seni Budaya

Pameran Lintas Media

Pameran Sirkular TIM, Tubagus Andre: Indonesia Kekurangan Seniman Lintas Media

Administrator | Rabu, 12 Juni 2019 - 08:59:48 WIB | dibaca: 627 pembaca

Tubagus Andre, Kasubdit Seni Media Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (foto: aboe)

Jakarta, parahyangan-post.com Indonesia sangat kekurangan seniman lintas media, penampilan mereka masih jarang, padahal perkembangan seni ini sangat cepat. Hal tersebut disampaikan Kasubdit Seni Media Direktorat Kesenian  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tubagus Andre, usai membuka pameran Sirkular di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa 11/6.

“Sedikit proposal dari seniman  lintas media yang masuk ke Direktorat kami, padahal anggaran untuk mensupport karya mereka cukup memadai,” papar Tubagus kepada parahyangan-post.com.

Lucunya, lanjut Tubagus, meski sedikit ada juga semacam broker proposal yang dikelola oleh orang-orang tertentu guna meloloskan komunitas seniman, terutama dari daerah,  untuk mendapatkan bantuan dana pertunjukan.

“Proposalnya seragam, padahal seniman, lokasi dan medianya  berbeda,” tambah Tugabus.

Makanya Tubagus menyarankan agar para seniman, khususnya yang bergerak di multi media, tidak  ragu berhubungan langsung dengan pihaknya. Direktoratnya pasti akan mensupport kreativitas mereka, karena ke depannya seni multimedia akan sangat dibutuhkan masyarakat.

“Tidak usahlah memakai broker segala. Seniman itu kan kreatif,”

Sirkular

Pameran Sirkular lintas media sendiri berlangsung pada tanggal 11-15 Juni 2019 menampilkan pameran, pertunjukan dan diskusi, dikuratori Ugeng T. Moetidjo dan Asep Martin. Merupakan kerjasama antara Dewan Kesenian Jakarta dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Tampil antara lain Abi ML, Andi Suspandri dan Damar Rizal Marzuki dari seni teater. Ada juga Anggun Priambodo, Gelar Agryanto Soemantri dan Natasya Abigail dari seni instalasi.

Sedangkan dari seni  rupa  ada  Budi Klontonk,  seni instalasi  Dadang Boedoet, Dzikra Afifah, Indraswara DP & Guntoro Sulung, Maya Azezah (film) Tewel Seketi (fotografi), dan diskusi “Walter Benjamin oleh Bertho Tukan.

Pada hari pertama Damar Rizal Marzuki  menampilkan pertunjukan teater “Diskusi Mencari Ide”.*** (aboe/rat)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)