Opini

palanta warung kopi

Hiburan Rakyat, Oleh: Ismail Lutan

Administrator | Kamis, 07 Desember 2017 - 06:08:56 WIB | dibaca: 39 pembaca

Ismail Lutan, Pemred Parahyangan-post.com

Secara berkelakar penulis pernah menyampaikan dalam sebuah forum diskusi, bawa salah satu fungsi pejabat Negara, ataupun Lembaga Tinggi Negara adalah memberikan hiburan kepada rakyat. Penulis mencontohkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketika KPK menangkap seorang koruptor, rakyat gembira  dan  merasa sangat terhibur. Sebab prosesnya jelas dan terang benderang. Tersangka digiring sampai masuk ke dalam bui dan rakyat bisa menyaksikannya melalui media.

Berbeda jika yang menangkap koruptor itu adalah lembaga Kepolisian atau pun Kejaksaan. Rakyat tidak terhibur, bahkan curiga. Kemudian marah. Di dalam pikiran (memori)  rakyat langsung muncul prasangka buruk.

“Ah, paling-paling si koruptor itu kurang setoran. Atau ah,…. paling  nanti juga berakhir ‘damai’.”

Meskipun sebenarnya banyak juga kasus-kasus  korupsi besar yang ditangani oleh penegak hukum di luar KPK itu yang tidak berakhir dengan ‘damai,’ namun, frame pemikiran semacam ini sudah tertanam kuat di benak rakyat dan susah menghapusnya.  

*

Sekarang  rakyat merasa terhibur lagi dengan kasus ketua DPR. Bukan saja terhibur, bahkan lebih dari itu.  Rakyat pun berhasil memproduksi hiburan yang berlanjutan dengan membuat serial meme  menarik dan menggelitik.

Kreatifnya rakyat memproduksi serial meme itu tidak terlepas dari cara tersangka untuk lolos dari jerat hukum. Baik oleh penampakan dirinya sendiri di muka umum, maupun oleh akrobatik pengacaranya yang sepktakuler.

Apa pun yang mereka lakukan menjadi sumber inspirasi  pembuat  meme yang tiada habis-habisnya.

Misalnya, ketika dirawat di rumah sakit untuk  menghindari panggilan KPK, dan foto yang membuktikan bahwa dia sakit disebar, rakyat membuly tanpa ampun. Semua yang menyaksikan karya  itu gelak terbahak-bahak oleh kelucuannya.

Juga ketika tiang listrik tertabrak dan penumpangnya mengalami cidera sebesar bakpau, dan harus menjalani perawatan intensif, rakyat pun membuly habis-habisan.

Hasil kreatifitas itu membuat rakyat Indonesia terhibur. Bahkan sangat terhibur. Sehingga, untuk sementara waktu,  rakyat mampu menghilangkan himpitan beban hidup yang berat  oleh kemiskinannya yang terstruktur.

Apalagi kemudian barisan pengacaranya bertambah dengan tokoh terkenal  yang pernah menangani kasus kopi beracun  Jesica Kumala Wongso, maka rakyat akan semakin terhibur lagi. Sebab serial meme yang bisa diroduksi akan semakin panjang.

*

Nah, kini penulis tidak berkelakar lagi! Penulis seakan mendapatkan pembenaran, bahwa  ketua DPR  telah berhasil menjalankan salah satu fungsinya, yakni menghibur rakyat. Apalagi rakyat sudah menyaksikan dia memakai rompi orange, -rompi ‘kutukan pejabat Indonesia’-

Suerrrr!!! Rakyat benar-benar  sangat terhibur.***










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)