Edukasi

Seminar IGI

Guru Bermutu Indonesia Maju

Administrator | Senin, 12 Maret 2018 - 13:57:49 WIB | dibaca: 711 pembaca

Ketua IGI Jabar Cucu Sukmana S.T., M.M., (dua dari kiri), Direktur Pembinaan Guru Tenaga Kependidikan Menengah Kemendikbud Ir. Sri Renani Panjtastuti M. PA ., (tiga dari kiri) pada seminar guru bermutu yang diselenggarakan IGI Jabar. "Jangan pernah berharap melahirkan pemimpin bangsa berkualitas kalau mutu gurunya rendah". (foto Ary)

Cikarang,parahyangan-post.com-Jika guru Indonesia bermutu maka Indonesia akan segera maju. Agar guru bermutu, mereka harus mempunyai kebebasan untuk memilih organisasi profesi yang disukai.Karena,dengan beroganisasilah inovasi dan kreativitasnya tersalurkan secara optimal.

Demikian benang merah yang berhasil dirangkum pada seminar “Guruku Bermutu Bangsaku Maju” yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jawa Barat di Celection Hotel, Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu-Minggu ( 10-11/3).

Ikut memberikan paparan, antara lain Ketua IGI Jabar Cucu Sukmana S.T., MM, Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Kemendikbud Ir. Sri Renani Pantjastuti M.PA, dan Guru berprestasi Jawa Barat Anang Anandiar serta Cece Setia.

“Tidak zamannya lagi kebebasan guru berserikat dimonopoli oleh organisasi profesi tertentu. Biarkan guru memilihnya. Merekalah yang tahu organisasi mana yang pas dan cocok untuk mengembangkan karirnya. Organisasi mana yang aktif dan yang mandeg,” tukas Cucu, dihadapan 200-an peserta yang semuanya berasal dari unsur pendidik.

IGI, lanjut Cucu, adalah organiasi profesi guru yang terus-menerus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas guru.

“Meski tergolong baru, IGI telah meraih sejumlah prestasi yang membanggakan. Guru-guru berprestasi tingkat nasioanl dan internasioanal banyak bergabung di IGI, sehingga   namanya semakin dikenal,” lanjut Cucu.

Makanya kepada seluruh peserta seminar, yang kemudian dilanjutkan dengan  Rapat Kerja (Rakor) IGI  se Jabar tersebut,  Cucu berpesan agar guru jangan pernah berhenti berinovasi.

“Guru tidak boleh berhenti berkreasi untuk meningkatkan kualitasnya,” pinta Cucu.

Sejalan dengan Cucu, Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Kemendikbud Ir. Sri Renani Pantjastuti M.PA mengatakan, guru Indonesia harus profesional dan menjadi dirinya sendiri.

“Hebatnya suatu bangsa sangat tergantung pada kualitas gurunya. Oleh sebab itu guru jangan pernah berhenti berkarya,”pintanya.

Sri sangat berharap guru Indonesia terus-menerus melakukan inovasi untuk melahirkan generasi mendatang yang berkualitas.

“Jangan berharap bisa melahirkan tokoh berkualitas untuk meneruskan kepemimpinan bangsa, kalau mutu gurunya rendah,”tegas Sri.*** (Ary Mugiasih S.Pd.)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)