Seni Budaya

Film Tentang Buya Syafii Maarif Raih Penghargaan Emas

Administrator | Sabtu, 04 Februari 2017 - 21:53:50 WIB | dibaca: 647 pembaca

Film layar lebar “Si Anak Kampoeng” atau dalam bahasa inggris “The Village Boy” karya sutradara multi talenta, Damien Dematra kembali meraih penghargaan. California Film Awards yang berpusat di California, Amerika Serikat memberikan penghargaan Gold Award dalam kategori Film Asing Terbaik kepada film ini. California Film Awards sendiri merupakan sebuah festival film yang berfokus mencari film-film berkualitas dari berbagai belahan dunia seperti dari Eropa, Amerika Serikat dan Asia Pasifik.

Damien Dematra selaku sutradara dan produser film “Si Anak Kampoeng” yang juga dikenal sebagai novelis mengatakan bahwa dengan diterimanya sekali lagi penghargaan untuk film “Si Anak Kampoeng” menunjukkan bahwa film inspiratif karya sineas dalam negeri dapat diminati sampai ke ujung dunia.

Film berdurasi 108 menit ini menceritakan tentang kehidupan masa kecil tokoh Muhammadiyah, Syafii Maarif yang pernah menjabat sebagai Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP) yang juga merupakan pendiri Maarif Institute. Film ini dimulai dari kelahiran seorang anak kampoeng, putra Ma'rifah Rauf, seorang yang terpandang di Nagari Sumpur Kudus, Sumatera Barat, pada tahun 1930-an. Kehidupan sang bocah berputar pada kesehajaan dan keceriaan tentang belajar, mengadu ayam dan sapi, memancing, menyambit rumput, dan menembak; sampai kematian dan perang revolusi mengoyakkan kehidupannya. Ia dipaksa berubah. Dalam sebuah titik kisar kehidupan, pilihan demi pilihan dihadapkan padanya. Ia harus mengambil salah satu sebagai keputusan hidup yang ternyata mengubah jalan hidupnya selamanya.

Sebelumnya, film Si Anak Kampoeng telah meraih puluhan penghargaan internasional seperti Best Family Family dari Canada International Film Festival pada tahun 2015. Selain itu, gelar film terbaik dan sutradara terbaik dari berbagai ajang festival film di benua Amerika, benua Eropa dan Asia telah diperoleh oleh film yang dibintangi Radhit Syam (alm.), Ayu Azhari, Pong Hardjatmo, Lucky Moniaga, Inggrid Wijanarko, Virda Anggraini tersebut.
 
(rat/rls/pp) 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)