Agama

Haji dan Umroh

Dirjen PHU dan Ketum AMPHURI Lepas Keberangkatan Pertama Jamaah Haji Khusus

Administrator | Senin, 07 Agustus 2017 - 19:20:09 WIB | dibaca: 195 pembaca

Dirjen PHU Kemenag Nizar Ali, didampingi Ketum AMPHURI Joko Asmoro dan Direktur Bina Umroh dan Haji Muhajirin Yanis, menyerahkan bendera merah putih kepada direktur utama PT Andromeda Atria Wisata sebagai penanda pemberangkatan telah dimulai. (foto lutan)

Jakarta, parahyangan-post.com  Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Nizar Ali  bersama Ketua Umum  Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh  Republik Indonesia (AMPHURI) H. Joko Asmoro  melepas keberangkatan  pertama  jamaah haji khusus tahun 2017 di Terminal III Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Senin 7/8.

Jamaah haji khusus  kloter pertama  ini  berasal dari  PT Andromeda Atria Wisata sebanyak 82 orang. PT. Andromeda Atria Wisata adalah anggota AMPHURI, berkedukukan di Surabaya.

Nizar yang didampingi  Direktur Bina Haji Ditjen PHU Khoirizi dan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Muhajirin Yanis mengatakan, keikutsertaan masyarakat, dalam hal ini PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus)  dalam menyukseskan perjalanan haji mutlak diperlukan.

Makanya, menurut Nizar,kerjasama  Kementerian Agama dengan  AMPHURI akan terus ditingkatkan.

“Apa yang telah dilakukan AMPHURI dalam menyukseskan pemberangkatan ibadah haji khusus maupun umroh sangat membantu kementerian Agama. Ke depan kerjasama yang baik akan terus dijalin,” paparnya.

Sedangkan kepada jamaah Andromeda Atria Wisata, Nizar meminta agar mendoakan bangsa Indonesia di tanah suci. Juga mendoakan  pemimpin dan  petugas agar perjalanan ibadah haji tahun ini sukses.

“Saya meminta seluruh jamaah mendoakana para pemimpina bangsa kita agar negeri kita semakin damai,” pinta Nizar yang baru saja dilantik sebagai Dirjen PHU menggantikan Abdul Djamil.

Pemberangkatan jamaah haji khusus ini akan berlangsung sampai tanggal 27 Agustus oleh  158 PIHK dan 269 konsosrsium.  Sementara pemulangannya akan berlangsung pada tanggal 6-25 September. Jumlah jamaah (kuota) untuk PIHK tahin ini sebanyak 17.000 jamaah.

Siap

Sementara itu, Ketum AMPHURI Joko Asmoro  mengatakan, segala persiapan dan akomodasi jamaah haji khusus AMPHURI pemberangkatan awal sudah selesai 100 persen.

“Insha Allah, dari pemondokan, barcode, visa, katering, serta transportasi baik penerbangan mau pun bus di Tanah Suci kita sudah tidak ada masalah. Sudah selesai semua. Kita tinggal memberangkatkan saja, mudah-mudahan pemberangakatan dapat berjalan dengan lancar sesuai jadwal,” ujar Joko.

Menurut Joko, meski tahun ini Pemerintah Arab Saudi sudah mengembalikan kuota jamaah haji Indonesia seperti semula yakni 221.000 jamaah dan haji khusus kembali mendapat kuota 17.000 hal ini tidak mengganggu kesiapan akomodasi dan penyelenggaraan di Tanah Suci. “Hal ini sudah kita antisipasi jauh-jauh hari setelah diumumkan secara resmi oleh Pemerintah Arab Saudi. Jadi, kita memang sudah siap. Dan Alhamdulillah, semua akomodasi jamaah AMPHURI bisa kita selesaikan. Karena pada prinsipnya, kami di AMPHURI selalu siap mendapatkan semua akomodasi yang dibutuhkan jamaah,” ucap Joko.

Joko pun berpesan, mengingat kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini terbilang ekstrim, jamaah diimbau untuk dapat mempersiapkan diri baik sebaik-baiknya. “Jangan lupa membawa vitamin dan obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi, beristirahat dengan cukup, perbanyak minum air putih serta perbanyak konsumsi buah-buahan agar terhindar dari dehidrasi. Karena ritual ibadah haji tak hanya membutuhkan kesiapan rohani tetapi juga kesiapan fisik yang prima. Insha Allah, kita semua akan mabrur,” tandasnya.

Mengenai penggunaan dana haji yang belakangan menjadi polemik. Terutama  setelah presiden Jokowi mengeluarkan statemen akan  digunakan untuk pembangunan infra struktur, seperti jalan tol. Joko Asmoro berpendapat bahwa pihaknya percaya kepada pemerintah bahwa pemanfaatan dana itu akan dilakukan dengan  hati-hati.

“Prinsipnya adalah semua keuntungan yang diperoleh dari pemanfaatan dana tersebut akan dikembalikankepada jamaah,” paparnya.*** (aboe)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)