Husada

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, dr N Lies Karmawati, M.Kes.

Dinkes Depok Terus Lakukan Pembinaan Kantin Sehat Sekolah

Administrator | Minggu, 31 Mei 2015 - 08:46:35 WIB | dibaca: 2131 pembaca

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, dr N Lies Karmawati, M.Kes. (sumber foto : rnd/pp)

SEJAK - Dikeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1429 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah, mengenai bangunan kantin sekolah merupakan salah satu bangunan yang harus dimiliki di setiap sekolah.

Untuk itu Dinas Kesehatan Kota Depok terus lakukan pembinaan demi menciptakan pangan jajanan yang sehat di lingkungan kantin sekolah, serta meningkatkan motivasi pihak sekolah, pengelola kantin, dan masyarakat di lingkungan sekolah untuk mewujudkan kantin sehat.

Ada beberapa hal yang menjadi titik perhatian dalam mewujudkan kantin sehat yaitu; 1. Lokasi, bangunan dan fasilitas kantin yang memadai, 2. Pencahayaan dan penghawaan di area kantin yang cukup, 3. Penyediaan air bersih untuk kantin, 4. Pengelolaan limbah dengan baik, 5. Fasilitas cuci tangan dan toilet.

Kantin sehat di sekolah juga harus menyediakan makanan yang higienis dan tidak tercemar zat atau bakteri yang membahayakan bagi kesehatan seperti formalin, bakteri air dan siklamat. Pangan sehat dan aman berperan dalam mencerdaskan bangsa.

Program Higiene dan Sanitasi di Kantin Sekolah

Upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Depok dalam melakukan pembinaan kepada kantin sehat sekolah antara lain dengan memberikan pemahaman tentang pengendalian terpadu selama proses pengolahan, penyimpanan, penyajian, dan konsumsi pangan di kantin sekolah.

Hal ini dilakukan demi melindungi masyarakat sekolah dari bahaya kuman patogen, serta meningkatkan mutu dan masa simpan produk pangan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga higiene pengolah pangan yaitu kebersihan tubuh, pakaian kerja yang bersih, menerapkan prosedur mencuci tangan dengan benar, dan dalam keadaan tidak sakit.

Perlu diperhatikan juga proses sanitasi di kantin sekolah mulai dari membersihkan peralatan mengolah pangan, penyediaan air bersih, udara dan pencahayaan yang tidak lembab dan pengap, terhindar dari hama dan serangga pembawa bakteri, dan membuang sampah pada tempat yang tidak menyebabkan pengaruh terhadap makanan.

Untuk mewujudkan budaya bersih dan sehat di kantin sekolah, perlu komitmen diantara stakeholder sekolah, baik dari sisi pengelola kantin sekolah, kepala sekolah, guru, siswa-siswi, komite sekolah dan masyarakat dunia pendidikan.(adv)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)